HELDNEWS.com -, California - Menurut laporan terbaru, pendapatan iklan Facebook mencapai US$1,86 miliar (Rp16,8 triliun) di 2010. Angka pendapatan ini benar-benar fantastis.
Jejaring sosial terpopuler ini genap berusia tujuh tahun, tahun lalu Facebook diprediksi mendapat keuntungan iklan US$ dua miliar (Rp 18 triliun). Seperti dikutip Mashable, meski belum mencapai target, angka itu cukup membuat Facebook ‘bernapas lega’.
Untuk iklan, Facebook melayani lebih dari 50 miliar iklan per bulan, dan diharapkan naik menjadi satu triliun iklan pada 2011 ini. Analis eMarketer Debra Williamson mengatakan, 60% pendapatan Facebook 2010 berasal dari Server Message Block (SMB) dan platform iklan mereka sendiri.
Sebanyak US$ 740 juta (Rp 6,7 triliun) pendapatan iklan Facebook 2010 berasal dari merk besar seperti Procter & Gamble dan Coca-Cola. Selain itu, Williamson mengatakan Facebook kini memiliki 5% pangsa pasar iklan online 2010.
Williamson berharap angka itu akan terus naik menjadi 8% pada 2011. [mor]